You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.
.. SELAMAT DATANG DI WEBSITE KELOMPOK KERJA PENYULUH AGAMA ISLAM KOTA YOGYAKARTA TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN APRESIASINYA.. SEMOGA BERMANFAAT DAN KESUKSESAN SELALU MENYERTAI ANDA..

Minggu, 27 April 2014

Memecahkan Keterbatasan Diri Menuju Pribadi Berkelimpahan

Pernahkan Anda merasa tidak puas atau bahkan kecewa  terhadap apa yang Anda kerjakan? Pernahkan Anda merasa kurang percaya diri, grogi atau gemetaran ketika berbicara di hadapan jama’ah pengajian (publik)? Atau, pernahkah Anda merasa khawatir atau takut gagal ketika melaksanakan tugas dari orang lain atau dari pimpinan?  Atau, pernahkan Anda merasa ragu-ragu dalam mengambil keputusan atau merasa bingung harus berbuat?
Kalau jawabannya ”Ya”, berarti Anda sedang memasuki suatu ruangan yang disebut ”ruangan terbatas” (limited room). Dalam konteks pribadi artinya Anda sedang mengalami apa yang disebut dengan keterbatasan diri, atau keterbatasan kapasitas diri. Artinya dalam diri Anda ada sesuatu yang belum dimiliki atau sebenarnya sudah dimiliki, tetapi Anda tidak mengetahui dan tidak mampu mengaktualisasikan dalam perilaku – alias Anda  belum terbiasa. 
Dengan demikian, bagaimana agar kita dapat menjadi pribadi yang percaya diri, mantap, tidak selalu dihadapkan pada kebimbangan, kekhawatiran atau ketakutan dalam melaksanakan suatu pekerjaan?Inilah pekerjaan besar yang menjadi tuntutan setiap pribadi.Kuncinya hanya satu, yaitu kita harus dapat keluar dari ”ruangan terbatas” (limited room) atau keterbatasan diri menuju ke ”ruangan yang tidak terbatas” (unlimited room) atau ketidakterbatasan diri alias pribadi yang berkelimpahan.
Selengkapnya...

Read more...

Sabtu, 19 April 2014

Belajar dari Sebuah Pohon

Meninggalkan rutinitas kehidupan yang tidak pernah berhenti, sejenak akan menjadikan kita kembali pada ‘zero mind’ untuk mengingat, apa sebenarnya yang terjadi dan untuk apa keberadaan kita dihadirkan ke dunia ini. Untuk ini, kita perlu mengingat dan membaca ulang surat ayat berikut:
Dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik di mana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini ¹), yang menyebabkan kamu termasuk orang-orang yang zalim. (QS. Al Baqarah 2 : 35; lihat juga: Al A’raaf , 7: 11–25; dan Thaahaa, 20: 115–127.)


Selengkapnya...

Read more...

Peranan Orang Tua Terhadap Perkembangan Pendidikan Kesehatan Repoduksi Remaja

      

Kesehatan reproduksi remaja dapat didefinisikan sebagai keadaan sejahtera fisik dan psikis seorang remaja, termasuk keadaan terbebas dari kehamilan yang tak dikehendaki, aborsi yang tak aman, penyakit menular seksual (PMS) termasuk HIV/AIDS, serta semua bentuk kekerasan dan pemaksaan seksual. Definisi tersebut  menjadikan kita selaku orang tua dan para remaja  sebagai  generasi penerus bangsa perlulah kiranya kita berbuat untuk keselamatan mereka. Berkaitan dengan hal tersebut, apa yang telah kita perbuat untuk mereka?
Persoalan remaja merupakan persoalan keluarga. Karena itu, sebagai keluarga, kita perlu ikut serta dalam penyelamatan anak bangsa untuk masa depan bangsa. Kita dituntut mengambil peranan terdepan sebagai wujud tanggung jawab orang tua kepada anaknya.
Selengkapnya...

Read more...

SUDAHKAH ANDA BERJODOH? Kiat dan Tabiat dalam Menentukan Pilihan

Islam adalah agama yang sangat perhatian kepada kemaslahatan umat manusia. Saking perhatiannya, Islam telah memberikan bimbingan dan pengaturan terhadap hampir seluruh aspek kehidupan bahkan mengenai hal yang sangat pribadi sekalipun. Dalam kehidupan pribadi, Al-Qur’an dan Hadits Nabi SAW telah begitu banyak memberikan tuntunan kepada kita, baik tentang anjuran pernikahan, siapa yang boleh dan tidak boleh dinikahi, cara mengurus dan mendidik anak dan keluarga, adab bertamu, adab hubungan antar anggota keluarga, sampai tuntunan tentang wasiat dan waris. Akan tetapi, apakah kita sudah tahu, paham dan menjalankan berbagai tuntunan tersebut. Bukankah orang bijak mengatakan bahwa kesuksesan seseorang ditentukan oleh kesuksesan dalam mengurus keluarganya. Dalam kesempatan ini, penulis akan membahas suatu persoalan yang sangat penting bagi setiap pribadi muslim dewasa baik yang belum menikah maupun yang sudah menikah, yaitu permasalahan jodoh.
Selengkapnya...

Read more...

Sepuluh Kualitas Pribadi yang Disukai



Penyuluh Agama Islam identik dengan seorang orator yang terampil menyampaikan pidato dengan bahasa agama. Berbagai tantangan akan dihadapinya ketika penyuluh agama tersebut mulai terjun di kelompok binaan atau kelompok sasarannya.
Tentu saja sebagai seorang penyuluh harus memperhatikan etika dan cara bagaimana seorang penyuluh bisa diterima masyarakat. Banyak cara untuk meraih tujuan tersebut, salah satunya adalah kita harus bisa menjadi pribadi yang disukai. Berikut ini beberapa contoh pribadi yang disukai.

Selengkapnya...

Read more...

Rabu, 09 April 2014

Belajar Menggali Potensi Unik

Manusia adalah makhluk Allah yang memiliki keistimewaan luar biasa, dibandingkan makhluk lainnya. Sekalipun secara fisik termasuk makhluk yang lemah, tetapi, dibalik lemahnya fisik itu menyimpan kekuatan luar biasa, yaitu potensi unik yang tidak dimiliki makhluk manapun. Potensi unik manusia adalah termasuk karunia terbesar dan termahal dari Allah SWT. Mengapa demikian, ini karena potensi unik itu tidak dapat diciptakan oleh teknologi canggih seperti apapun dan juga tidak dapat dibeli dengan harga seberapapun. Karena itu, potensi unik, hanya bisa digali dan dikembangkan sehingga menjadikan manusia memiliki daya guna secara maksimal.
Selengkapnya...

Read more...

Selasa, 08 April 2014

Perlakukan Lingkungan Alam Dengan Bersahabat



اَللهُ الَّذِيْ سَخَّرَلَكُمُ اْلبَحْرَلِتَجْرِيَ اْلفُلْكُ فِيْهِ بِاَمْرِه وَلِتَبْـتَغُوْا مِنْ فَضْلِهِ وَلَعَلَّكُمْ تَشْكُرُوْنَ. وَسَخَّرَلَكُمْ مَاِفىالسَّموتِ وَمَافِىاْلاَرْضِ جَمِيْعًامِّنْهُ اِنَّ فِي ذلِكَ َلأيتِ لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُوْنَ. (الجاسيه:12-13)

“Allah-lah yang menundukkan lautan untukmu supaya kapal-kapal dapat berlayar padanya dengan seizing-Nya, dan supaya kamu dapat mencari sebagian karunia-Nya dan mudah-mudahan kamu bersyukur. Dan Dia menundukkan untukmu apa yang ada di langit dan di bumi semuanya, (sebagai rahmat) daripada-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda kekuasaan Allah bagi kamu yang berfikir”  (QS. Al Jaatsiyah: 12-13)


Hujan bagi makhluk hidup di seantero alam dunia ini adalah berkah. Sebab, dengan hujan itu, rumput-rumput dan pepohonan seperti bangun dari tidurnya, tunas-tunas baru mulai bermunculan sebagai pertanda adanya kehidupan kembali. Demikian juga, bagi manusia, khususnya para petani, hujan berarti rezeki. Berkah karena, dengan hujan itu yang mulai sejak akhir tahun 
Perubahan iklim dan cuaca beberapa tahun terakhir ini dipandang tidak lumrah. Hujan sering turun sangat deras, di luar kebiasaan. Akibatnya, beberapa tahun terakhir ini, banjir di beberapa daerah (termasuk ibu kota) selalu menjadi berita rutin setiap tahun. Musim kemarau tahun 2002 lalu, sering kita temui hujan yang cukup deras, sehingga masyarakat seringkali rasan-rasan, “ini musim kemarau apa penghujan?”  Akhir kemarau tahun 2002 ternyata mundur dari biasanya. Bulan Oktober biasanya (menurut adat alamiahnya) sudah mulai musim hujan, ternyata sampai Desember hujanpun belum merata. Ada daerah yang sudah banjir karena hujan, tetapi ada daerah (daerah tadah hujan) yang belum bisa tanam karena belum ada air. di wilayah Gunungkidul bagian utara, masih kesulitan air untuk komsumsi dan bertanam. Uniknya, bagi petani yang sudah bertanam sejak awal (pada hujan-hujan pertama) harus menghadapi kecemasan yang sangat, sebab tanamannya pelan-pelan mongering, akibat tak ada air.  Karena itu, bisa dipastikan bahwa panen di musim hujan tahun ini akan turun drastic. Bahkan ada beberapa yang tidak bisa panen jagung, kacang atau padi.
Selengkapnya...

Read more...

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP