You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.
.. SELAMAT DATANG DI WEBSITE KELOMPOK KERJA PENYULUH AGAMA ISLAM KOTA YOGYAKARTA TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN DAN APRESIASINYA.. SEMOGA BERMANFAAT DAN KESUKSESAN SELALU MENYERTAI ANDA..

Minggu, 11 Mei 2014

Islam dan Kelestarian Lingkungan

Berbagai berita tentang bencana akibat kerusakan lingkungan sering kita baca di surat kabar atau kita dengar di media-media nasional maupun lokal. Di samping itu, kita juga sering menyaksikan terjadinya kerusakan lingkungan, seperti kerusakan hutan. Mengapa kerusakan lingkungan bisa terjadi?
Lingkungan memiliki arti penting bagi kelangsungan hidup manusia. Lingkungan mendukung aktivitas yang dilakukan manusia di muka bumi. Tanpa lingkungan manusia tidak akan dapat memenuhi kebutuhan hidupnya. Hal ini tidak berarti kedudukan lingkungan lebih tinggi dari manusia. Manusia dan lingkungan saling membutuhkan untuk dapat menjaga kelangsungan hidupnya.
Selengkapnya...

Read more...

Menjadi Penyuluh Agama yang Menggugah dan Mengubah

Penyuluh Agama Islam memiliki kedudukan dan peran yang sangat penting dan strategis
sebagai pelaku yang membangun mental dan etika masyarakat.   Di antara perannya yang penting yaitu bahwa  Penyuluh Agama Islam dituntut dapat membimbing dan memberikan layanan konseling bagi masyarakat, utamanya masyarakat yang menjadi sasaran tugasnya.  
Penyuluh dalam menjalankan tugasnya,  di samping menyampaikan materi, memenuhi jadwal yang telah disanggupi yang terkadang tanpa bekas atau tanpa kesan,  juga harus memiliki kiat - kiat tertentu yang seharusnya menjadi pembelajaran yang  mampu menempatkan diri sebagai  penyuluh yang  menggugah dan mengubah masyarakat.
Selengkapnya...

Read more...

Kamis, 08 Mei 2014

Masjid Sebagai Pusat Pengembangan Potensi Umat

Beberapa tahun terakhir ini, kita menyaksikan semangat masyarakat begitu besar dalam membangun masjid. Bahkan masjid dan mushalla hampir ada di setiap tempat, tidak terkecuali di kawasan perkantoran, bisnis, pendidikan, tempat pelayanan umum dan wisata. Data yang dihimpun oleh Dewan Masjid Indonesia (DMI) Pusat, tercatat ada 700 ribu masjid dan mushalla yang tersebar di seluruh penjuru tanah air. Jumlah ini merupakan yang terbesar di dunia atau setara dengan total jumlah keseluruhan masjid yang terbentang dari kawasan Maghribi di bagian barat Afrika sampai Bangladesh di sebelah timurnya.
Selengkapnya...

Read more...

Jumat, 02 Mei 2014

Tempatkan Peradaban Pasar ke dalam Peradaban Masjid

Peradaban Masjid
Dalam Sejarah Kenabian
Masjid dari segi  bahasa berasal dari kata sajada - yasjudusujudan – yang berarti patuh, taat, tunduk, hormat. Hal ini tergambar dari gerakan (orang yang sholat) antara lain; meletakkan dahi, kedua tangan, lutut dan kaki ke tanah sebagai lambang ketundukan sepenuhnya kepada Allah SWT. Sementara itu, dari segi fisik (bangunan) masjid mengekspresikan ketundukan, ketaatan dan penghormatan kepada Sang Khaliq Allah SWT. Karena begitu pentingnya fungsi masjid,  maka  di dalam Al Qur’an, kata masjid disebutkan sampai sebanyak 28 kali. Salah satunya di ayat berikut:
Hanya yang memakmurkan masjid-masjid Allah ialah orang-orang yang beriman kepada Allah dan hari Kemudian, serta tetap mendirikan shalat, menunaikan zakat dan tidak takut (kepada siapapun) selain kepada Allah, Maka merekalah orang-orang yang diharapkan termasuk golongan orang-orang yang mendapat petunjuk (QS. At Taubah: 18).
Selengkapnya...

Read more...

  © Blogger templates Newspaper III by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP